Menyemai Benih Semangka

Penyemaian benih yang baik akan menghasilkan tanaman yang berkualitas. So, jika anda menginginkan semangka berkualitas dan produksi yang tinggi, proses penyemaian harus dilakukan dengan baik pula.

Setelah bibit direndam dan ditiriskan, langkah selanjutnya adalah menyemainya dalam media tanam sementara. Media tanam ini bisa berupa kantong atau bak dari kayu.

Tetapi, kebanyakan petani menggunakan plastik. Kantong di isi dengan satu bagian tanah, satu bagian kompos, dan satu bagian pupuk kandang. Satu kantong ditanam satu benih. Sudut kantong dipotong secukupnya untuk mengurangi sisa air pada saat penyiraman.

Kantong-kantong itu diletakkan berderet agar terkena sinar matahari secara penuh. Kalau pun diletakkan di bawah atap plastik, harus menggunakan plastik transparan. Dengan salah satu bagian ujung dibiarkan terbuka.

Agar tumbuh baik, benih semangka harus dipupuk. Pemupukan dilakukan lewat daun. Untuk memacu pertumbuhannya, pupuk benih dengan obat dan dilakukan rutin setiap 3 hari sekali.

Pada usia 14 hari benih-benih dipindahkan ke lahan yang sebelumnya telah disiapkan. Cara mengolah lahan sama dengan tanaman buah yang lain, seperti cabai dan tomat yang telah ditulis dalam artikel sebelumnya. (ibutani)