Budidaya Manggis

Buah manggis merupakan salah satu buah favorit masyarakat Swiss. Buah kulit ungu tua dengan isi putih dan rasanya manis ini begitu digemari disana. Sehingga harganya pun tergolong tinggi.

Di Indonesia, beberapa daerah memiliki potensi buah manggis yang lumayan besar. Ini artinya, Indonesia memiliki peluang untuk menghasilkan uang dari buah yang pernah menjadi judul lagu Muklas Adiputra itu.

Cuma persoalannya, permintaan buah manggis dari Swiss begitu besar dan berlangsung terus itu tidak bisa selalu dipenuhi petani. Ini lagi-lagi berarti peluang bagi yang berminat membudidayakan manggis.

Budidaya manggis sebetulnya tidak terlalu sulit dilakukan. Cuma, selama ini jarang petani yang berminat karena dianggap kurang laris di pasaran. Setelah melihat peluang dan potensi ekonomi yang cukup menggiurkan tadi, ada baiknya untuk dicoba bukan ?

Pohon manggis dapat tumbuh di segala wilayah, mulai dari dataran rendah sampai di ketinggian 800 meter diatas permukaan laut (dpl). Dengan curah hujan 1.500-2.000 milimeter/tahun.

Pohon manggis sangat pas untuk ditanam pada lahan yang kaya bahan organik dan memiliki aerasi baik. Berhubung mata sudah ngantuk, kita lanjut dalam kesempatan lain. (ibutani)