Budidaya Tomat


Tomat merupakan salah satu komoditas holtikultura yang banyak ditanam petani di Indonesia. Selain iklim yang mendukung, nilai ekonomisnya pun lumayan baik. Pasar tomat juga masih terbuka luas.

Tomat bisa dibudidayakan di daerah yang memiliki ketinggian 1.250 meter dari permukaan laut dan tumbuh optimal pada dataran tinggi dengan ketinggian 7.500 meter dari permukaan laut. Dengan suhu 24 derajat cellcius pada siang hari dan 15 hingga 20 derajat cellcius di malam hari.


Temperatur yang terlalu tinggi, diatas 32 derajat cellcius dapat mengakibatkan buah tomat cenderung berwarna kuning. Padahal, yang banyak diminati adalah buah tomat berwarna merah segar kan ?

Hasil penelitian menyebutkan, tomat dapat tumbuh dengan baik dan menghasilan buah yang menawan pada temperatur 24 - 28 derajat cellcius. Dengan curah hujan antara 750 - 125 milimeter per tahun dan memiliki irigasi yang baik.

Lahan yang baik untuk budidaya tomat adalah yang memiliki keasaman (ph) 5,5 sampai 6,5. Sehingga penyerapan unsur hara terutama, fosfat, kalium, besi dapat maksimal.

Tertarik untuk membudidayakan tomat ? (ibutani)