Cara Menyiapkan Benih Cabai

Benih yang bagus merupakan salah satu faktor penting dalam pembudiyaan tanaman apa saja. Untuk mendapatkan hasil cabai yang melimpah, tentu anda harus menyiapkan benih cabai yang baik pula.

Untuk mendapatkan benih cabai yang baik, anda dapat mengunjungi toko pertanian. Pilihlah benih yang sesuai dengan kondisi lahan anda. Jangan sungkan untuk meminta pendapat pedagang atau petugas penyuluh lapangan mengenai benih yang tepat.

Sekedar patokan, kebutuhan benih per 1.000 meter persegi antara 1-1,5 sachet. Ini supaya anda bisa menentukan berapa sachet benih yang harus dibeli. Ya, supaya jangan sampai ada pengeluaran sia-sia.

Setelah benih didapat, selanjutnya siram benih itu dengan air hangat. Diamkan selama semalam. Tujuannya agar ketika disemai cepat tumbuh, sekaligus untuk menyeleksi benih yang kurang baik.

Tahap selanjutnya adalah menyemai. Semai benih tadi pada media persemaian yang terdiri campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos yang telah disaring. Perbandingannya 3 bagian tanah dan 1 bagian pupuk kandang atau kompos.

Media persemaian itu bisa anda masukkan dalam polybag khusus bibit atau bisa juga menggunakan kotak. Taruh menghadap ke arah Timur. Jangan lupa beri atap plastik atau rumbia diatasnya.

Agar benih yang disemai tumbuh dengan baik, anda harus rutin menyiramnya. Setiap pagi dan sore hari, supaya media persemaian tetap dalam kondisi lembab. (ibu tani)