Membuat Komposer Sendiri

Kompos atau pupuk organik merupakan kebutuhan dasar dalam melakukan budidaya tanaman. Apalagi bagi pembudidaya yang berorientasi pada sistem budidaya organik. Untuk yang bermodal, masalah kompos tentu bukan masalah. Tetapi, tidak ada salahnya untuk sedikit berhemat kan, sekaligus memanfaatkan barang dan bahan yang ada di sekitar kita.


Beberapa waktu lalu saya melihat pameran hasil kreasi peserta kuliah kerja nyata Universitas Sebelas Maret di Sukoharjo. Dari sekian banyak display produk, saya tertarik pada alat pembuat kompos (komposer).

Komposer adalah alat yang digunakan untuk membantu kerja dekomposer aneka material organik berupa sampah dan limbah menjadi bentuk baru. Yaitu, kompos atau pupuk organik cair dengan sifat-sifat seperti tanah dan bersifat menyuburkan.

Saya tertarik, karena selain sederhana alat itu bisa dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan yang relatif murah. Bahkan, mungkin sudah tersedia dan menganggur begitu saja di rumah Anda. Komposer itu dibuat dari ember bekas wadah cat dan potongan-potongan pipa paralon. Berikut cara membuatnya:

Bahan yang diperlukan:
1. ember wadah cat berukuran besar atau wadah serupa yang ada tutupnya.
2. satu batang pipa paralon ukuran 2 inchi (panjang menyesuaikan tinggi ember) dan empat batang pipa paralon ukuran 3/4 inch (panjang menyesuaikan diameter ember ditambah sedikit supaya ujungnya bisa keluar dari badan ember).
3. Tutup paralon ukuran 3/4 inch
4. saringan, ini bisa dibuat sendiri menggunakan bahan plastik tebal yang dilubangi kecil-kecil.

Langkah pembuatan:
1. lubangi bagian sisi ember seukuran pipa paralon 3/4 inci sebanyak delapan lubang. empat di bagian bawah dan empat di atas dengan posisi antar lubang saling berseberangan. Lalu buat satu lubang kecil di bagian dekat dasar ember dengan ukuran lebih kecil sebagai tempat keluar kompos cair.
2. lubangi pipa paralon ukuran 2 inci pada bagian atas dan bawah, ukuran lubang sebesar pipa paralon 3/4 inch
3. buat lubang kecil-kecil pada pipa paralon ukuran 2 inch, sebaran lubang hingga lubang tempat masuk paralon ukuran 3/4 inch. 
4. buat lubang kecil-kecil pada pipa paralon ukuran 3/4 inch, sebaran lubang sampai pada batas bagian yang berada di dalam ember.  Lubang ini berfungsi sebagai media pertukaran udara.
5. masukan pipa paralon ukuran 2 inch tadi ke dalam ember.
6. kunci dengan memasukan 2 pipa paralon 3/4 inch melalui dua lubang di bagian bawah sisi ember. Posisi pipa paralon 3/4 inch menembus paralon 2 inch dan lubang lain di bagian bawah ember tadi.
7. masukan saringan yang telah dilubangi bagian tengahnya sekurungan pipa paralon 2 inch ke dalam ember. posisi saringan ini berada di atas pipa paralon.
8. masukan pipa paralon 3/4 inch pada lubang di bagian atas ember. seperti tadi, pipa paralon 3/4 inch ini juga dipasang menembus paralon 2 inch, fungsinya sebagai pengunci.
9. tutup seluruh ujung paralon 3/4 inch dengan tutup paralon supaya lalat tidak masuk ke dalam ember.
10. pasang atau paralon berukuran lebih kecil pada lubang yang dibuat di dekat dasar ember. selang atau paralon kecil ini berfungsi untuk mengeluarkan pupuk cair.
11. Dan, tralala, komposer siap digunakan.

Beginilah penampakannya: